SMART Dan Sumber Daya

Materi keempat dari kelas Bunsal kali ini adalah Smart dan Sumber daya. SMART sendiri memiliki kepanjangan yaitu: Spesific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timebound.

Pada kesempatan materi Smart dan Sumber saya ini kami menggelar diskusi melalui GWA Tim Kaizen. Berhubung tidak ketemu jadwal yang pas dan qadarullah anak bungsu saya yang masih berusia 4,5 tahun demam tinggi. Apresiasi yang sebesar-besarnya buat teman-teman Tim Kaizen yang turut mendoakan putra saya, Alhamdulillah sudah baikan meski sedang masa pemulihan. Adapun kontribusi diskusi saya upayakan tetap menyertakan pendapat semampu saya.

Usulan SMART GOALS di awal diskusi:


1. Komunikasi produktif sebagai kunci masuk ke dunia generasi digital native

2. Menerapkan komunikasi produktif dalam keluarga untuk meningkatkan produktifitas anak

3. Menggerakkan anggota keluarga menyelesaikan minimal 1 problem per hari yang dihadapi melalui penerapan komunikasi produktif

4. Zero penggunaan kata atau kalimat kasar

5. Menjadi role model menjalankan komunikasi produktif dalam Rumah Tangga maupun media

6. Setiap anggota Tim menemukan minimal 1 cara mengurangi penggunaan kata tidak produktif setiap hari selama 3 bulan

7. Menjadi teman anak ngobrol asik minimal 30 menit, 3 kali dalam seminggu selama 3 bulan


materi 4 bunsal


Diskusi tersebut mengerucut menjadi beberapa tujuan.


SMART Goals kami:


1. Memberi edukasi mengenai komunikasi produktif sebagai hasil pengalaman membersamai anak generasi digital native melalui media sosial setiap 3 hari sekali selama 3 bulan

2. Menyelenggarakan webinar mengenai komunikasi produktif bersana anak generasi digital native pada bulan Januari 2022

3. Membuat e-book yang berisi kumpulan kisah kami menerapkan komunikasi produktif bersama anak generasi digital native pada bulan Januari 2022


Adapun milestone kami sebagai berikut:


Milestones:


I. Melakukan riset (survey) terkait pemilihan kata atau kalimat yang membuat anak generasi digital native (usia SD-SMA) memiliki perasaan dan atau tindakan positif. Selanjutnya melakukan analisa pada hasil riset (September 2021)

II. Berlatih dan menerapkan pilihan kata atau kalimat positif, mengganti kata atau kalimat negatif (tidak produktif) dalam kehidupan sehari-hari, kemudian menuliskan pengalaman penerapannya (September 2021 - seterusnya)

III. Menyusun rencana kegiatan webinar dan strategi edukasi bagi masyarakat yang tidak terjaring atau kurang melek teknologi seperti media sosial (September 2021 - pelaksanaan webinar).

Sumber Daya

Selain smart goals dan milestone, kami juga berdiskusi mengenai sumber daya :


Resources:

Tangible


-Keluarga

-Jumlah tim

-Perangkat teknologi (software dan hardware)

-Media

-Dana

-Komunitas

-Lingkungan

-Kampus atau tempat kerja tim

-Literatur pustaka (hard dan soft)


Intangible

-Skill (hard dan soft) tim

-Networking

-Karakter moral

-Karakter kinerja


Kemudian diskusi berlanjut ke golden rules dan exit procedure


Faktor Pendukung


Golden Rules:

-Antusias dan kontributif untuk mencapai tujuan bersama

-Open komunikasi dalam situasi apa pun

-Keputusan apa pun yang diambil dalam keadaan emosi tidak sah

-Bertanggung jawab


Exit Procedure:

-Mendapat teguran sebanyak 3 kali terkait kontribusi (keaktifan)

-Tidak menunjukkan tanda-tanda itikad atau kesungguhan mewujudkan proyek selama 1 tahap materi tanpa konfirmasi maupun alasan yang dapat diterima

-Terbukti melakukan kecurangan baik dalam hal materi maupun non materi

-Sakit keras

-Keluar atas permintaan sendiri


Smart dan milestone

Kesimpulan

Smart dan sumber daya sangat penting dalam mencapai suatu tujuan bersama. Sehingga diperoleh suatu
pegangan yang pasti dari tim. Mudah-mudahkan dari tujuan yang sudah jelas ini, kami diberi kemampuan
dalam merealisasikannya sehingga memberikan manfaat yang sebanyak-banyaknya bagi keluarga Indonesia.

#materi4

#menentukansmartgoals

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#semestaberkaryauntukindonesia

#ibuprofesionaluntukindonesia



0 comments

Pesan dimoderasi. Terima kasih telah berkomentar. "You are what you comment"