Zona Open Space yang Bertabur Bintang

Rabu, 17 Februari 2021 giliran saya ambil bagian dalam Virtual Conference 2021 di Hexagon City. Sebelumnya saya memilih media untuk live di Fanpage Facebook Hexagon City. Menyampaikan materi tentang pengalaman saya menulis buku ajar, slide saya bertemakan Tips Menulis Buku Ajar.

Tips Menulis Buku Ajar

Intinya dari hampir 50 menit saya live "dibantuin" oleh si bungsu Ocean, saya mengerucutkan bahan menjadi 3, yaitu:
  1. Kembangkan materi ajar dari slide Powerpoint yang dikuliahkan ke mahasiswa. Jika tidak sempat hari ini maka tulis dobel keesokan harinya.
  2. Menabung tulisan 1 hari 1 halaman atau ODOP (One Day One Page). 
  3. Belanja ide ke buku ajar rekan sejawat yang lebih senior, terutama bagi yang sudah pernah memenangkan hibah buku ajar Dikti.
 

Persiapan sebelum live

Adapun persiapan yang saya kerjakan sebelum live di FP FB Hexagon City adalah sebagai berikut:

Sounding ke anak-anak dan suami


Sesaat setelah memantapkan diri untuk isi Google form speaker, saya pun mulai "menyosialisasikan" ke suami, Kak Ririn, dan Dek Ocean bahwa Umi insyaallah akan menyambut tantangan untuk live di konferensi virtual kota Hexagon pada hari Rabu tanggal 17 Februari pukul 10.00 WIB.

Suami mengizinkan dengan anggukan dan no comment nya seperti biasa. Khas anak teknik kan memang seperti itu, saya tidak ingin memaksakan harus mendengar pendapat dari yang tercinta ini hehe.

Kepada anak-anak, Kak Ririn (10 tahun) Alhamdulillah malah sudah bisa diandalkan membantu Umi. Dari merapikan e-flyer yang sudah Umi buat, menyatukan slide Canva menjadi video 2 versi (cepat dan lambat), serta mengamankan adiknya.

Ocean, si ragil 3,5 tahun, tadinya sedang tertidur saat saya live, namun karena suara saya yang kedengaran di telinga kecilnya, maka seperti yang teman-teman saksikan saat saya live, Ocean pun ikut mendampingi saya menjadi co-speaker. Haha.


Trial live di Fanpage pribadi


Saat masih buka toko dan menjalankan online shop, saya memiliki fanpage yang anehnya sejak dibuat sampai saat ini tidak aktif. Maka ketimbang membuat dadakan FP pribadi, lebih baik saya menggunakan FP yang sudah lama itu.

Maka selama 2 hari yaitu Senin dan Selasa saya berlatih menggunakan Streamyard yang free untuk share screen atau mengunggah slide. Ternyata opsi di Streamyard gratisan, untuk menampilkan materi, hanya ada 2 yaitu:
  • video sharing
  • share screen
Maka saya pilih yang pertama, sebab Ririn sudah membuatkan video yang berdurasi lama agar bisa saya baca dan pemirsa baca pelan-pelan. Hasilnya pada saat live tidak demikian, kebetulan yang bisa terupload adalah video berdurasi pendek, jadilah saya kejar-kejaran membacanya. Lalu dengan bantuan layar smartphone 1 lagi, Alhamdulillah saya bisa mendapatkan panduan slide sembari menyampaikan materi secara mengalir.


Banyak-banyak berdoa


Meskipun saya sudah menggeluti kurang lebih 16 tahun menjadi dosen, kerap berbicara di depan publik. Menjadi MC suatu acara, moderator diskusi di kampus, presenter di International Conference yang merupakan luaran penelitian/abdimas, tetap saja ada rasa deg-degan.

Apalagi di Zona O ini speaker harus bisa mandiri dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Tidak dibantu oleh siapa pun, termasuk PIC Hexamedia, dalam hal ini untuk FP FB HC, Mbak Nur Maulidah. Di GWA ia hanya memberikan petunjuk secara umum. Selebihnya cari tahu sendiri.

Alhamdulillah the show must go on, acara telah selesai, saya telah berhasil live dengan segala plus-minusnya (ternyata saya masih ada filler-nya ya, hihi) Saya bersyukur telah mampu mengalahkan rasa khawatir, keluar dari zona nyaman dan menyetir diri saya sendiri. 

Hal yang terlupakan


Di dasbor Streamyard ada kotak dialog untuk menampilkan running text yang istilahnya "banner" dan "logo" untuk menyematkan logo IIP atau twibbon saya sebagai speaker di pojok kiri atas. Agar tampak seperti live di televisi, gitu.

Oya, penyewaan Streamyard berbayar baru muncul di Hexa setelah saya live pula. Tetapi tak mengapa, sebab momen ini akan menjadi tugu pengingat bagi saya, agar tak pernah berhenti mengupgrade diri. Tidak boleh mundur, harus maju terus. 

zona o yang menantang
Dasbor Streamyard saya

Hikmah dari Zona Open space 


Bagi saya hikmah berserakan yang saya punguti dari belajar di Zona Open space ini adalah sebagai berikut:
  1. Jadi familier dengan website live streaming Streamyard
  2. Tahu apa yang harus dilakukan jika ingin live di kemudian hari
  3. Ingin belajar meningkatkan kemampuan dan menambal kekurangan diri
  4. Saya jadi tahu do's and dont's nya kalau akan dan sedang tampil
  5. Jadi lebih berani live di platform jejaring sosial seperti Fanpage FB ini.


Kesimpulan


Zona Open Space bertabur bintang maksud saya adalah, bermunculannya para bintang di bidangnya masing-masing, memenuhi postingan berbagai media Hexagon City. Ada yang live di FP FB HC, di Zoom, di Youtube live, di GWA, grup Telegram, dan IG Live. Semuanya berusaha menampilkan the best version yang dia miliki untuk sharing dengan teman-teman semua.

Sebagai participant speaker lain, saya menyimak 10 topik bahasan konferensi yang bertema literasi dan dekat dengan passion saya, sebagai berikut:

📌 Moodboard
https://www.facebook.com/Hexagon.City.World/videos/330808625002257/

📌 Simulasi literasi anak usia dini
https://www.facebook.com/Hexagon.City.World/videos/796810224250170/

📌 Literasi Alquran (makhorijul huruf)
https://www.facebook.com/Hexagon.City.World/videos/221083666415586/?sfnsn=wiwspwa

📌 Cara membuat daftar pustaka otomatis
https://www.facebook.com/Hexagon.City.World/videos/123158336310292/

📌Mengelola perpustakaan keluarga
https://www.facebook.com/Hexagon.City.World/videos/247448196952915/

📌Membuat dan mengelola blogspot
https://www.facebook.com/Hexagon.City.World/videos/2884555688468184/

📌 Serba serbi buku anak
https://www.facebook.com/Hexagon.City.World/videos/794393844480657/

📌 Read aloud
https://www.facebook.com/Hexagon.City.World/videos/252178533133330/

📌 Tips menulis buku ajar
https://www.facebook.com/Hexagon.City.World/videos/2816958621956672/

📌Hitung dasar Matematika dengan buku kotak²
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=210511747509855&id=103723334855364https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=210511747509855&id=103723334855364

Demikian aliran rasa saya kali ini, sampai bertemu di aliran rasa zona terakhir, Zona N.

Salam Hexagonia!













0 comments

Pesan dimoderasi. Terima kasih telah berkomentar. "You are what you comment"