Berpikir Tertib dengan Sixthinking Hat

Pekan ketiga jurnal Growth insyaallah berlangsung dengan lancar. Masing-masing personel Tim Gerha Aksara berupaya mengoptimalkan perannya untuk tahap finishing buku karya kami bersepuluh, Happy Writing Book.

Setelah pekan lalu mengumpulkan jurnal minggu kedua, yang saya beri tajuk Saling Support Demi Tumbuh Bersama. Saya pun mengisikan personal template seperti biasa dengan menggunakan Canva

Sixthinking Hat

Sixthinking Hats atau 6 topi berpikir adalah konsep berpikir yang dikemukakan oleh Edward de Bono, profesor psikologi dari Malta, Eropa. 

Enam Topi Berpikir ini merupakan upaya untuk membantu seseorang atau tim untuk mampu berpikir kritis. Memikirkan semua persoalan untuk mencari jalan keluar beserta opsi-opsi yang bisa dipilih. 

Seringkali kita mengalami kebingungan namun tidak berusaha untuk mengenyahkan kebuntuan tersebut. Lalu apa yang harusnya dilakukan untuk melatih berpikit solutif? 

Sederhananya seperti ini:


Topi Biru

Digunakan untuk menentukan tantangan dan tujuan yang akan dicapai


Topi Putih

Digunakan untuk mengumpulkan data dan fakta pendukung yang ada


Topi Hijau

Digunakan untuk memikirkan solusi sebanyak-banyaknya dan alternatif yang bisa ditempuh


Topi Kuning

Digunakan untuk menentukan manfaat, values, dan kelebihan dari ide-ide yang telah kita dapatkan


Topi Hitam

Digunakan untuk menentukan kekurangan dari ide tersebut. Sertai dengan pertanyaan, "Bagaimana cara agar kekurangan dari ide tersebut dapat dicegah atau diatasi


Topi Merah

Digunakan untuk mengekspresikan perasaan kita terhadap ide tersebut tanpa memperhatikan fakta dan data

Berikut Sixthinking hat yang saya laksanakan:


sixthinking hat


Sixthinking Hat Tim Gerha Aksara

Setelah mengisikan template personal, berikut merupakan sixthinking hat tim. Di dalam tim saya berusaha aktif membantu meringankan pekerjaan-pekerjaan dalam rangka menerbitkan buku karya kami. 

Minggu ini saya mengambil peran membuat rancangan prakata dan blurb. Meski tidak langsung saya setorkan di hari yang sama sebab saya pun selalu disibukkan dengan tugas-tugas rutin setiap harinya, tetapi saya berusaha menjaga komitmen. Alhamdulillah kedua tugas tersebut telah saya setorkan pada tim.


Gerha Aksara Action items

Kesimpulan


Sixthinking hat sangat diperlukan untuk memecah kebingungan dalam memikirkan suatu hal. Bisa dilakukan untuk personal, maupun untuk tim. 

Tujuannya, memecahkan masalah atau mengantisipasi terjadinya masalah. Berpikir tidak disarankan mengalir saja atau acak-abstrak tak tentu arah. 

Namun sebaliknya, dengan menggunakan 6 topi berpikir ini dapat membantu kita berpikir tertib dan terstruktur, guna menemukan solusi-solusi terbaik, tanpa ada yang tertinggal, belum dipikirkan.

Salam Hexagonia!

#JurnalPekanKe-3
#JurnalGrowth
#PekanKetiga
#KelasBunPro
#BundaProduktif
#IIP
#InstitutIbuProfesional

0 comments

Pesan dimoderasi. Terima kasih telah berkomentar. "You are what you comment"