Melipatgandakan Upaya Di Zona XtraMiles

Di tahapan ini saya dan teman-teman diminta melipatgandakan upaya di Zona XtraMiles. Mengapa perlu meningkatkan usaha dalam mengerjakan hal-hal yang dirasakan belum optimal? Mungkin familier dengan kata-kata Einstein berikut: 

"Insanity is doing the same thing over and over again and expecting different results"

Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang kali dan mengharapkan hasil yang berbeda. Anak-anak Gen Z mengistilahkannya dengan "halu". Berkhayal dan berimajinasi. Memimpikan buku bisa terbit dan terjual habis (best seller), namun ikhtiar yang dijalankan sama saja dengan cara-cara menulis buku sebelumnya. Santai, seperti tidak ada beban, asal terbit. Halu, kan.


Sedang masuk masa koreksi ujian


Di Zona X ini kami khususnya saya diingatkan lagi untuk terus mengoptimalkan waktu yang hanya 24 jam ini. Dua minggu ini saya disibukkan dengan timbunan koreksian, yang meski dilakukan secara online melalui e-learning, tetap saja presensi dan catatan-catatan penilaian tentang mahasiswa per orangnya, dilakukan secara manual.

Terus terang sedari dulu sejak menjadi dosen, saya paling tidak bisa asal-asalan saja menyimpulkan nilai untuk mahasiswa. Selain lembar jawaban ujian, ada sepuluh aspek kepribadian yang harus dilihat. Sementara perkuliahan seratus persen diadakan secara daring. Bagaimana mungkin saya bisa menilai kepribadian seseorang hanya dengan melihat fotonya. 

Saya menambahkan informasi mengenai hal ini dengan menilai keaktifan berinteraksi selama perkuliahan. Sopan santun bahasa yang digunakan, dan tentu saja kelengkapan komponen penilaiannya seperti lembar jawaban, minimal kehadiran, tugas terstruktur, tugas mandiri, journal report, dan tugas kelompoknya.

Menilai hampir 300 orang selama 2 minggu dengan tenggat waktu setor hasil koreksian 3 hari setelah ujian, membuat saya agak lambat merespon segala sesuatu selain yang berhubungan dengan amanah mengoreksi. Jadi, saya akui butuh kerja ekstra juga menyamakan langkah dengan para tetangga di CH Gerha Aksara.

Upaya ekstra untuk hasil ekstra


Zona Xtramiles
Xtramiles saya

Untuk hasil yang optimal maka harus dilakukan dengan upaya yang ekstra. Tidak bisa dengan upaya yang "b" aja alias biasa saja seperti tidak ada target apa-apa. Tantangannya kalau bagi saya adalah karena setiap hari memiliki deadline menulis draf artikel ilmiah, update materi ajar, draf proposal penelitian dan pengabdian masyarakat, update blog dan antologi), maka waktu untuk mencicil menulis naskah untuk proyek buku CH Gerha Aksara pun harus dilipatgandakan.

Langsung menuliskan saat itu juga hasil pemikiran dari pengembangan ide bacaan merupakan hal yang ingin saya upgrade dayanya. Sebab seringkali saya berada di waktu yang tidak kondusif. Seperti anak yang menangis minta ditemani, urusan pekerjaan rumah tangga yang menyita waktu dan tenaga, serta mendampingi anak untuk belajar daring. 

Hanya saja untuk mengejar major projects ini saya tetap realistis. Semua tanggung jawab tidak boleh ada yang dianaktirikan. Untuk hal ini berlaku skala prioritas dan fifo. Karena menulis adalah passion saya, maka insyaallah saya tetap mendudukkannya seperti semula, yaitu menulis dengan bahagia. Seperti menuliskan jurnal ini. Tanpa kemrungsung, tanpa ada perasaan dikejar-kejar, pikiran negatif lainnya. 

Co Housing Gerha Aksara
Xtramiles CH Gerha Aksara

Kesimpulan

Melipatgandakan upaya di Zona Xtramiles sangat penting dilakukan agar hasil yang diperoleh lebih optimal, sesuai target, dan tidak sekadar ada saja. Untuk itu dibutuhkan ikhtiar ekstra meninjau lagi to do list harian dan memasukkan agenda mencicil naskah untuk Gerha Aksara.

Salam bunda produktif.



0 comments

Pesan dimoderasi. Terima kasih telah berkomentar. "You are what you comment"