Saat Kami Bertemu Daring

Hari ini Rabu tanggal 13 Mei 2020, saya dan mentee bersepakat untuk meeting online di Facebook Messenger. Kebetulan saya ada keperluan ke kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) instansi induk yang mempekerjakan saya di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan. 

Anak nomor 2 dan 3 saya ingin ikut, akhirnya bertiga, kami memberanikan diri melangkah keluar rumah. Selama ini keluarga saya pun mematuhi instruksi #stayathome dan melaksanakan protokol keluar-masuk rumah serta menerapkan aturan physical distancing. Berhubung ada urusan yang tidak bisa diwakilkan, harus diambil sendiri, terpaksalah saya keluar rumah. Biasanya berbelanja kebutuhan sehari-hari pun hanya di warung dekat rumah saja.

Setelah selesai berurusan yaitu mengambil "uang sirup" dan sirupnya sekalian di Koperasi L2Dikti, saya bergegas naik ke lantai dua ke bagian keuangan. Bukti potong pajak saya belum kunjung diambil berhubung pandemi. Jadi setelah dua bulan baru kali inilah menyempatkan diri mengambilnya ke L2Dikti.

jurnal kedua kelas  kupu-kupu

Tepat pukul 10 -sebelumnya saya mohon izin ke staf bagian keuangan untuk meminjam ruangannya sejenak- saya memulai melakukan video calling di grup messengger Menulis Buku. Alhamdulillah langsung terhubung dengan Mbak Rosa, Mbak Nuning dan Mbak Ferly. Adapun Mbak Heni mungkin kesulitan masuk sebab FB video calling hanya mengakomodasi 4 orang peserta. Insyaallah untuk Mbak Heni akan saya coba lagi pada esok hari.


jurnal ke-2

Diawali dengan perkenalan singkat kembali meskipun kami sudah chit-chat di grup messenger, pertemuan daring berlangsung lancar, Alhamdulillah. Berasa nambah saudara lintas pulau dan lintas kota. Mbak Rosa sudah menyetorkan seluruh jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan. Mbak Nuning dan Mbak Ferly belum menjawab semuanya, tetapi sudah memiliki gambaran yang cukup jelas, insyaallah akan dilanjutkan di grup messenger. Uniknya ketiga bunda cekatan ini memiliki "tipe" rumah (baca: buku yang akan ditulis) yang menarik-menarik.

  1. Mbak Rosa akan menulis buku ilmiah populer tentang obat-obatan. Tentunya ini amat sangat ditunggu masyarakat, pencerahan-pencerahan perihal farmasi dengan bahasa yang mudah dimengerti awam.
  2. Mbak Nuning akan menulis buku tentang pengalamannya menjadi kader posyandu dan kader HIV/AIDS ditambah lagi suaminya punya jam terbang 15 tahun di bidang outbound. Menurut saya ini sangat potensial untuk dibukukan. Mengingat buku yang mengupas seluk-beluk outbound beserta pengalamannya relatif belum ada.
  3. Mbak Ferly akan menulis buku tentang homeschooling sebab ia adalah homeschooler. Pengalaman membersamai anak-anak HS yang pastinya sangat ditunggu ayah-bunda yang baru saja masuk ke dunia HS seiring seruan school from home belakangan ini.
Adapun hal-hal yang mesti dikerjakan di pekan kedua ini adalah:

1. Buat assesment diri sendiri apakah ilmu ini adalah skill baru atau teknik baru
2. Sebutkan tantangan terbesar yg dihadapi
3. Share hal tersebut dalam sebuah video/foto dan berikan kepada mentor, atau video call langsung juga boleh
4. Mentor juga akan melakukan hal yg sama
5. Saling terbuka utk menentukan apakah program kedepan masih mentor-mente atau permentorship (belajar bersama)
6. Membuat jadwal utk membuat obrolan video boleh menggunakan aplikasi apa saja
7. Isi jurnal pekan ini

❤ menilai tingkat keahlian masing-masing
❤ mengungkapkan rasa bertemu dengan pasangan

Sumber: GWA HIMA IP Sumut


Alhamdulillah pertemuan daring kami berakhir tanpa terasa, memberikan semangat masing-masing untuk mulai melakukan action pada calon buku masing-masing. Berikutnya setelah itu saya dan mentor pun melakukan panggilan video. Di hari yang sama dengan para mentee, beda beberapa menit saja, hehe.

jurnal ke-2


Bersama Mbak Linda, kami video messenger-an one by one. Saya langsung menanyakan hal-hal yang ingin saya ketahui tentang nutrisi anak. Kebetulannya, Mbak Linda ini bertugas di Poli Gizi di suatu rumah sakit di kotanya. Mudah-mudahan dengan adanya program mentorship ini saya semakin bersemangat mengawal tumbuh kembang anak dengan gizi seimbang

Demikian isi jurnal pekan kedua ini, silaturahim daring yang insyaallah membawa faedah dan spirit berubah menjadi lebih baik lagi di topik yang akan diasah selama sisa 6 pekan ke depan. Sampai ketemu di jurnal minggu ke-3 ya.

#jurnalke3
#tahapkupukupu
#buncek1
#institutibuprofesional




















0 comments

Pesan dimoderasi. Terima kasih telah berkomentar. "You are what you comment"